Beasiswa yang Bisa di Dapatkan Mahasiswa di Universitas Oxford – Universitas Oxford adalah “universitas kota” yang tidak memiliki slot server thailand kampus utama; kolese, departemen, akomodasi, dan fasilitas lainnya tersebar di seluruh pusat kota. Area Sains, yang merupakan tempat sebagian besar departemen sains berada, merupakan area yang umumnya disebut dengan kampus. Kawasan Observatorium Radcliffe seluas sepuluh acre (4 hektar) di barat laut kota Oxford saat ini sedang dalam tahap pengembangan. Gedung-gedung universitas yang ikonis meliputi Radcliffe Camera, Teater Sheldonian yang digunakan untuk konser musik, ceramah, dan upacara universitas, serta Examination Schools, tempat diadakannya ujian dan beberapa perkuliahan. Sebelum adanya Sheldonian, Gereja Universitas Santa Perawan Maria sebelumnya digunakan untuk upacara-upacara akademis. Pada tahun 2012–2013, pihak universitas menjalankan pembangunan Castle Mill seluas satu hektar (400 mx 25 m) yang kontroversial di blok mahasiswa 4–5 lantai yang menghadap Cripley Meadow dan Port Meadow yang bersejarah, sehingga menghalangi pemandangan menara di pusat kota. Pembangunan tersebut telah diibaratkan oleh banyak orang seperti membangun “gedung pencakar langit di samping Stonehenge”.

Oxford juga memiliki Taman Universitas, kawasan seluas 70 acre (28 ha) di timur laut kota Oxford, dekat dengan Keble College, Somerville College, dan Lady Margaret Hall. Taman ini terbuka untuk umum pada siang hari. Botanic Garden di High Street adalah kebun raya tertua di Inggris. Kebun ini berisi lebih dari 8.000 spesies tanaman berbeda di lahan seluas 18 ha (44+12 ekar). Hal ini menjadikannya salah satu tempat koleksi tumbuhan utama yang paling beragam di dunia dan mencakup perwakilan lebih rtp spaceman dari 90% famili tumbuhan tingkat tinggi. Harcourt Arboretum adalah situs seluas 130-ekar (53 ha) selatan kota yang mencakup hutan asli dan padang rumput seluas 67 acre (27 hektar). Hutan bernama Wytham Woods seluas 1.000-ekar (4,0 km2) juga dimiliki oleh universitas dan digunakan untuk penelitian di bidang zoologi dan perubahan iklim.

Beasiswa di Universitas Oxford

Ada banyak peluang bagi mahasiswa di Oxford untuk menerima bantuan keuangan selama masa studi mereka. Oxford Opportunity Bursaries, yang diperkenalkan pada tahun 2006, adalah beasiswa berbasis sarana yang berlaku di seluruh universitas yang tersedia bagi semua program sarjana, dengan total kemungkinan hibah sebesar £10,235 untuk gelar 3 tahun. Selain itu, masing-masing kolese juga menawarkan beasiswa dan dana untuk membantu siswanya. Untuk studi pascasarjana, ada banyak beasiswa yang melekat pada universitas, tersedia bagi mahasiswa dari berbagai latar belakang, mulai dari Beasiswa Rhodes hingga Beasiswa Weidenfeld yang relatif baru.Oxford juga menawarkan Beasiswa Clarendon yang terbuka untuk pelamar pascasarjana dari semua negara.] Beasiswa Clarendon pada dasarnya didanai oleh Oxford University Press, yang bekerja sama dengan kolese dan kemitraan penghargaan lainnya. Pada tahun 2016, Universitas Oxford mengumumkan bahwa mereka akan menyelenggarakan kursus ekonomi online gratis pertamanya sebagai bagian dari skema “kursus online terbuka besar-besaran” (Mooc), dalam kemitraan dengan jaringan universitas online AS.Kursus yang tersedia disebut ‘Dari Kemiskinan Menuju Kemakmuran: Memahami Pembangunan Ekonomi’.

Siswa yang berhasil dalam ujian awal akan diberi penghargaan oleh kolese mereka dengan beasiswa dan eksibisi, biasanya merupakan princess 1000 hasil dari sumbangan jangka panjang, meskipun sejak diperkenalkannya biaya sekolah, jumlah uang yang tersedia hanya berupa nominal. Para sarjana, dan peserta eksibisi di beberapa kolese, berhak mengenakan jubah akademik yang lebih tebal; commoners atau “rakyat jelata” (mereka yang harus membayar makanan dan penginapan) dibatasi pada pakaian akademis pendek tanpa lengan. Oleh karena itu, istilah “sarjana” dalam kaitannya dengan Oxford memiliki arti khusus dan juga arti yang lebih umum dari seseorang yang memiliki kemampuan akademis yang luar biasa. Di masa lalu, ada “bangsawan rakyat jelata” dan “tuan-tuan rakyat jelata”, namun pangkat ini dihapuskan pada abad ke-19. Beasiswa “Tertutup”, yang hanya tersedia bagi kandidat yang memenuhi persyaratan tertentu seperti berasal dari sekolah tertentu, dihapuskan pada tahun 1970an dan 1980an.

Bidang Studi di Oxford University

Universitas ternama seperti Universitas Oxford mencari mahasiswa yang memiliki minat besar dan pengetahuan terhadap subjek yang dipilih. Oleh karena itu, pastikan anak Anda memilih bidang studi yang diinginkan. Selama berkuliah di sana, anak Anda diharapkan untuk mengikuti debat yang ketat dengan profesor dan mahasiswa lainnya, membaca banyak buku sumber, dan membuat setidaknya dua essay setiap minggu. Bila memilih subjek yang diminati, berbagai tantangan yang dihadapi selama masa perkuliahan akan memotivasi mereka. Universitas Oxford memiliki ragam jurusan. Di antaranya:

  • Bisnis dan Manajemen;
  • Humaniora;
  • Ilmu Pengetahuan Murni dan Terapan;
  • Kesehatan dan Kedokteran;
  • Pertanian;
  • Seni Rupa Kreatif dan Desain;
  • Arsitektur, Bangunan, dan Perencanaan;
  • Hukum;
  • Ilmu Komputer dan Matematika;
  • Ilmu Sosial dan Komunikasi;
  • Pendidikan dan Pelatihan;
  • Rekayasa dan Teknologi.

Selain itu, jenjang pendidikan yang dimiliki oleh Universitas Oxford adalah:

  • Jenjang S1 (undergraduate);
  • Jenjang S2 dan S3 (graduate);
  • Continuing education atau program S1, S2, atau S3 dengan sistem pembelajaran berbasis part-time. Artinya mahasiswa di jenjang ini lebih sering belajar secara online dan menghadiri kelas setiap akhir pekan.

Pahami Proses Pendaftaran di Universitas Oxford

Salah satu cara masuk Universitas Oxford adalah dengan memahami apa saja tahap pendaftaran yang harus dilalui oleh calon mahasiswa. Pendaftaran tersebut biasanya dibuka pada 1 September – 15 Oktober. Berikut ini yang perlu dicantumkan dalam proses pendaftaran:

  • Data pribadi;
  • Data keuangan atau sistem membayar uang kuliah;
  • Jurusan yang dipilih;
  • Jenjang pendidikan terakhir;
  • Pengalaman bekerja;
  • Pernyataan pribadi yang biasanya meliputi alasan mengapa memilih jurusan tertentu;
  • Referensi akademis yang bisa didapatkan dari pihak sekolah asal;
  • Deklarasi final.

Selain memenuhi persyaratan di atas, calon mahasiswa juga perlu memperhatikan tahap seleksi jurusan sebagai salah satu persyaratan cara masuk Universitas Oxford. Seleksi ini berbeda-beda tergantung dari jurusan yang dipilih. Tetapi, umumnya, tes yang akan dilalui untuk jenjang undergraduate adalah:

  • Seleksi dokumen melalui Universities and Colleges Admission Services (UCAS);
  • Tes tertulis untuk sebagian jurusan;
  • Written work untuk jurusan tertentu;
  • Tes wawancara.

Sedangkan, untuk jenjang graduate, calon mahasiswa perlu melalui dua seleksi, yaitu seleksi dokumen dan wawancara.

Fasilitas Oxford University

Universitas Oxford adalah salah satu universitas tertua, terbaik, dan terkenal di dunia. Sudah pasti perguruan tinggi ini memiliki berbagai fasilitas luar biasa dalam mendukung pengalaman belajar mahasiswanya. Berikut ini penjelasan singkat mengenai beberapa fasilitas Oxford University:

Pusat Kesejahteraan

Perguruan tinggi terbaik di Inggris ini juga memiliki pusat kesejahteraan yang memberikan dukungan psikologis dan kesehatan mental untuk mahasiswa dan staf. Pusat kesejahteraan Oxford University ini di lengkapi dengan konselor terlatih dan profesional kesehatan mental yang siap membantu mahasiswa dalam mengatasi berbagai masalah pribadi dan akademik.

Pusat Pengembangan

Universitas Oxford juga memiliki fasilitas pusat pengembangan yang memberikan dukungan dan sumber daya bagi mahasiswa dan staf dalam mengembangkan keterampilan dan potensi mereka. Fasilitas pusat pengembangan ini menyediakan program pelatihan kepemimpinan dan pelatihan keterampilan lainnya. Fasilitas ini tersedia untuk membantu mahasiswa dan staf mencapai tujuan mereka.

Layanan Difabel

Universitas Oxford juga punya layanan difabel yang memberikan dukungan dan aksesibilitas bagi mahasiswa dan staf dengan kebutuhan khusus. Layanan ini menyediakan aksesibilitas fisik, aksesibilitas informasi, dan dukungan psikologis untuk membantu mahasiswa dan staf dalam mencapai tujuan akademik dan karir mereka. Dengan berbagai fasilitas yang ada, mahasiswa di Universitas Oxford dapat merasakan pengalaman belajar maksimal yang sangat beragam dan kaya. Fasilitas yang lengkap dan modern ini memberikan dukungan yang kuat bagi mahasiswa dalam mencapai tujuan akademik dan karir mereka, dan menjadikan Oxford University sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di dunia.

Perpustakaan

Universitas Oxford memiliki banyak perpustakaan di seluruh kampus yang menyimpan koleksi buku yang sangat besar dan beragam. Bodleian Library, salah satu perpustakaan tertua di Eropa, memiliki lebih dari 12 juta koleksi buku dan bahan cetak lainnya. Perpustakaan juga memiliki akses ke jurnal dan database online yang membantu mahasiswa dalam riset mereka.

Ruang Kelas

Oxford University memiliki ruang kelas yang modern dan dilengkapi dengan teknologi mutakhir seperti proyektor, layar sentuh, dan sistem audiovisual. Ruang kelas ini dirancang agar sesuai dengan kebutuhan belajar mahasiswa dan pengajaran lektur yang efektif.

Laboratorium

Khusus bagi mahasiswa program studi sains, Universitas Oxford menyediakan laboratorium yang modern dan dilengkapi dengan peralatan yang paling mutakhir. Laboratorium ini membantu mahasiswa dalam melakukan riset, eksperimen, dan pengamatan untuk memperluas pemahaman mereka tentang bidang studi sains.

Studio Seni

Sementara itu untuk mahasiswa Oxford yang mengambil program studi seni juga memiliki akses ke studio seni modern. Studio seni ini menyediakan bahan dan peralatan untuk belajar seni dan mengembangkan kreativitas mereka di bidang yang mereka tekuni.

Kafetaria

Universitas Oxford memiliki banyak kafetaria yang menyediakan makanan dan minuman bagi mahasiswa, tenaga pengajar dan staf. Kafetaria ini juga menjadi tempat untuk bersantai dan berinteraksi dengan sesama mahasiswa maupun para staf yang bekerja di institusi tersebut.

Asrama

Bagi mahasiswa internasional maupun mereka yang tinggal jauh dari kampus, Oxford University menyediakan fasilitas tempat tinggal berupa asrama yang aman dan nyaman.

Asrama ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti akses internet, ruang belajar, ruang olahraga, dan ruang rekreasi yang bisa menunjang pengalaman tinggal para penghuninya.

Pilihan Fakultas di Oxford University

Universitas Oxford memiliki 4 divisi akademik utama dan lebih dari 30 fakultas yang mewakili berbagai bidang studi. Setiap fakultas memiliki staf akademik yang terdiri dari para profesor dan pengajar yang berpengalaman di bidang studi masing-masing.

Mahasiswa dapat memilih untuk bergabung dengan fakultas yang sesuai dengan minat dan tujuan karir mereka dan memperoleh pengetahuan dan pengalaman yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan mereka. Berikut adalah daftar fakultas di Universitas Oxford:

Fakultas Ilmu Alam

  • Departemen Fisika
  • Departemen Kimia
  • Departemen Ilmu Komputer
  • Departemen Biologi
  • Departemen Matematika

Fakultas Humaniora

  • Departemen Klasik dan Arkeologi
  • Departemen Sastra Inggris
  • Departemen Sejarah
  • Departemen Bahasa Modern
  • Departemen Filsafat

Fakultas Sains Sosial

  • Departemen Studi Kebijakan Publik
  • Departemen Studi Pengembangan Internasional
  • Departemen Studi Eropa
  • Departemen Ekonomi

Fakultas Ilmu Kesehatan

  • Departemen Kedokteran
  • Departemen Ilmu Kesehatan Populasi
  • Departemen Psikiatri
  • Departemen Farmakologi

Fakultas Terpisah

  • Fakultas Hukum
  • Fakultas Studi Bisnis
  • Fakultas Studi Lingkungan dan Sumber Daya
  • Fakultas Musik

Selain fakultas, Universitas Oxford juga memiliki lebih dari 100 pusat penelitian dan institut, yang berfokus pada berbagai topik dan disiplin ilmu. Pusat penelitian ini membantu meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian di Universitas Oxford, serta memberikan kesempatan bagi mahasiswa dan peneliti untuk berpartisipasi dalam penelitian dan proyek-proyek inovatif.

Biaya Kuliah Oxford University

Biaya kuliah di Universitas Oxford bervariasi tergantung pada fakultas dan program studi mahasiswa. Untuk bisa berkuliah di kampus terbaik inggris ini, kamu harus mengeluarkan lebih banyak daripada di perguruan tinggi publik lainnya di Inggris. Hal ini karena reputasi dan kualitas akademiknya yang terbukti tinggi. Berikut kami sedikit jabarkan perkiraan biaya kuliah di beberapa fakultas Universitas Oxford:

  1. Fakultas Ilmu Alam:
  • Biaya pengajaran: sekitar GBP 9,250-GBP 24,000 per tahun (tergantung pada program studi)
  • Biaya hidup: sekitar GBP 14,982-GBP 18,240 per tahun
  1. Fakultas Humaniora:
  • Biaya pengajaran: sekitar GBP 9,250-GBP 25,770 per tahun (tergantung pada program studi)
  • Biaya hidup: sekitar GBP 14,982-GBP 18,240 per tahun
  1. Fakultas Sains Sosial:
  • Biaya pengajaran: sekitar GBP 9,250-GBP 25,770 per tahun (tergantung pada program studi)
  • Biaya hidup: sekitar GBP 14,982-GBP 18,240 per tahun
  1. Fakultas Ilmu Kesehatan:
  • Biaya pengajaran: sekitar GBP 9,250-GBP 24,690 per tahun (tergantung pada program studi)
  • Biaya hidup: sekitar GBP 14,982-GBP 18,240 per tahun

Selain biaya kuliah, ada juga biaya tambahan untuk:

  • Pendaftaran
  • Administrasi
  • Buku dan sumber belajar
  • Asuransi kesehatan
  • Akomodasi dan transportasi

Untuk pelajar internasional sendiri, biaya kuliah dan hidup mungkin akan lebih tinggi daripada untuk para mahasiswa lokal. Namun, Universitas Oxford menyediakan berbagai beasiswa dan bantuan keuangan untuk mahasiswa yang memenuhi syarat. Salah satu syarat tersebut termasuk beasiswa berdasarkan prestasi akademik, kebutuhan keuangan, atau kategori tertentu seperti beasiswa untuk mahasiswa internasional atau beasiswa untuk mahasiswa yang ingin mengambil program master. Sekali lagi perlu kamu ingat, bahwa angka di atas hanyalah estimasi atau perkiraan, biaya kuliah di Oxford yang sebenarnya bisa saja lebih besar ataupun kecil.